5 Tips Pilih Baju Tidur Untuk Anak

Share:
Baju Tidur Anak Perempuan

Urusan memilih baju untuk anak, bukanlah soal memilihkan baju untuk pergi kepesta. Memilihkan baju untuk tidur anak ternyata tidak bisa main-main atau sembarang, khususnya jika memilih baju tidur anak perempuan karena bukan hanya bentuk ataupun warana kenyamanan saat anak memakainya juga harus diperhatikan.

Tenyata menurut penelitian baju tidur juga merupakan salah satu hal yang bisa mempengaruhi kualitas tidurmu anak. Nah, jika ingin anakmu terlihat nyaman, cantik dan stylish meski sedang tidur simak beberapa tips memilih baju tidur anak perempuan berikut ini. 

1. Ukuran
Pertama kali yang perlu pertimbangkan adalah ukuran dari pakaian tersebut. Ukuran yang paling direkomendasikan untuk anak adalah yang longgar. Ukuran yang sempit atau ketat akan membuat tidur anak tidak nyaman, juga berbahaya bagi kesehatannya. Sebab, aliran darah tidak mengalir dengan baik saat tidur.

Ditambah lagi, pakaian yang ketat atau sempit akan membuat anak terlihat tidak menarik. Meskipun demikian, jangan pula pilih pakaian yang terlalu longgar. Pakaian yang terlalu longgar justru membuat tampilannya menjadi kurang menarik. Pakaian yang longgar memberi sirkulasi udara yang diperlukan tubuh saat tidur. Ditambah lagi, pernapasan anak juga tidak akan terganggu, karena pakaiannya tidak menekan dada.

2. Bahan 
Pilihlah baju tidur yang terbuat dari bahan katun. Akan lebih baik lagi bila bahan katun tersebut berkualitas tinggi. Katun menjadi bahan yang terbaik untuk dipilih sebab bahan tersebut lebih sejuk, juga mampu menyerap keringat dengan baik. Semakin berkualitas bahan yang dipilih, maka pakaian tersebut akan lebih sejuk, lembut, dan nyaman dipakai.

Apalagi bahan tersebut sangat sesuai dengan iklim tropis di Indonesia. Bila anak banyak bergerak. saat tidur, tentu akan lebih banyak keringat. Membuat anak akan mudah gerah bila bahan baju tidur tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Memilih pakaian yang harganya murah juga tidak apa-apa, asalkan Anda bisa memastikan bahannya benar-benar berkualitas dan memberi kenyamanan bagi anak.

3. Mudah dibersihkan
Lebih baik ibu mencari piyama anak yang mudah dibersihkan atau dicuci. Cara mengetahui perawatannya, biasanya ada di label bagian kerah belakang piyama anak. Cari yang dapat dicuci dengan mesin cuci ataupun tangan. Kalau bisa, mudah dibersihkan ketika piyama anak tersebut terkena noda. Setidaknya, ini dapat mengurangi beban pekerjaan ibu di rumah. 

4. Harus sesuai dengan suhu tubuh
Ada yang bilang sebaiknya ibu memisahkan piyama anak saat musim kemarau dan penghujan. Umumnya, kedua musim tersebut mengakibatkan adanya perbedaan suhu. Misalnya, pada malam hari terasa lebih hangat ataupun dingin. Sebelum membeli piyama anak, ibu harus mengetahui kondisi suhu dan iklim yang ada di lingkungan si kecil. Jangan sampai ibu memakaikan piyama anak yan terlalu tebal. Hal ini justru membuat si kecil tambah rewel dan ingin seluruh pakaiannya. Apalagi kalau bahan baju tidur anak ini tidak dapat menyerap keringat. Bisa-bisa kulit si kecil mengalami irirasi, ruam, dan juga kepanasan. Alhasil si kecil tak bisa tidur dengan nyenyak.

5. Model sederhana
Hindari baju tidur yang menggunakan aksesoris seperti resleting karena bisa melukainya saat ia terlelap. Baju berdasi atau berpita juga sebaiknya tidak Anda pilih karena dikhawatirkan aksesoris tersebut akan tanpa sengaja mencekiknya.

Nah itulah 5 tips memilihkan baju tidur untuk anak perempuan agar kualitas tidurnya menjadi lebih baik sehingga kesehatannya pun terjaga terus.

No comments