4 Macam Penyakit yang Bisa Ditangani Dokter Spesialis Penyakit Dalam Geriatri di Jakarta Pusat

Share:
Dokter

Semakin bertambah usia berbagai masalah seringkali bermunculan. Hal ini dapat terjadi akibat dari kebiasaan buruk yang dilakukan bertahun-tahun semasa muda. Pola makan tidak benar hingga jenis makanan yang sering dikonsumsi menjadi salah satu faktor penyebabnya. Apalagi bagi yang masa mudanya suka makan gorengan, berbagai olahan tepung yang tinggi lemak dan kalori. Sehingga keluhan kesehatan dirasakan ketika usia tidak lagi muda yaitu sindrom geriatri. Hal ini menyebabkan dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Jakarta Pusat banyak diminati.

Geriatri berasal dari bahasa Yunani, geron yaitu orang tua dan iatrei, penanganan terhadap penyakit. Geriatri sendiri merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari keadaan-keadaan fisiologis dan penyakit yang berhubungan dengan orang lanjut usia dengan fokus penuaan dini dan tatalaksana penyakit terkait usia lanjut. Orang-orang yang dimaksud lanjut usia yaitu berumur 65 tahun ke atas. Penyakit ini berdampak pada kualitas hidup seseorang, gangguan penglihatan, menurunnya daya ingat gangguan kesehatan lainnya akibat obat-obatan tertentu, kecacatan hingga resiko kematian.

Oleh sebab itu dokter geriatri tidak bekerja sendirian. Umumnya akan dibantu oleh tim medis lain seperti perawat, ahli farmasi, ahli gizi, psikiater, terapis dan komponen lain yang terlatih khusus untuk menangani lansia. Karena kompleksnya penyakit pada lansia memerlukan bantuan dari berbagai ahli yang lain. Dan yang perlu diketahui ada beberapa gangguan kesehatan yang menyerang organ dalam para lansia dan dapat ditangani oleh dokter geriatri. Berikut yang harus Anda ketahui:

1. Penyakit jantung
Penyakit ini menjadi salah satu kasus kematian yang paling menakutkan. Tidak hanya dialami orang tua melainkan juga menyerang anak muda. Namun resiko kematian tertinggi ada pada usia di atas 65 tahun yang dipengaruhi berbagai faktor seperti hipertensi dan kolesterol tinggi disamping faktor keturunan. Memperbanyak konsumsi makanan sehat, diimbangi olahraga dan istirahat cukup merupakan cara utama untuk mengelola kondisi kronis ini.

2. Kanker
Semakin bertambah usia resiko terserang kanker umumnya semakin meningkat. Tidak sedikit lansia yang hidup dengan penyakit mematikan ini. Kanker salah satu jenis penyakit yang belum ditemukan obatnya. Dokter dengan berbagai terapi yang dilakukan hanya bisa memperlambat tumbuh kembangnya sel kanker itu sendiri. Tetapi ada kemungkinan sembuh apabila terdeteksi sejak awal melalui pemeriksaan kolonoskopi atau mammogram. Gejala penyakit satu ini memang sulit diketahui. Salah satu penyebabnya yaitu pola hidup tidak sehat yang dilakukan beberapa atau bahkan puluhan tahun yang lalu.

3. Gangguan pernapasan
Beberapa jenis gangguan pernapasan yaitu seperti asma, penyakit paru, utamanya bagi perokok. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) menempati urutan keempat yang menyerang lansia. PPOK merupakan jenis penyakit paru yang menghalangi aliran udara sehingga membuat penderita kesulitan bernapas. Penyebab PPOK umumnya yaitu emfisema dan bronkitis kronis. Faktor penyebab lainnya asap rokok. Maka berhenti merokok juga menjadi solusi. Karena perokok pasif juga beresiko terserang PPOK.

4. Gagal ginjal kronis
Sejauh ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan gagal ginjal kronis. Perawatan yang dilakukan hanyalah terapi hemodialisis yang membantu memperlambat hingga menghentikan perkembangan penyakit serta mencegah terjadinya kondisi serius lainnya. Penderita diabetes dan hipertensi beresiko mengarah pada penyakit ini. Pola hidup sehat lagi-lagi menjadi faktor penting mencegah gagal ginjal.

Dari beberapa penyakit di atas, menerapkan gaya hidup sehat dikalangan seluruh usia memang penting. Apalagi gaya hidup di Jakarta terkesan bebas. Oleh karena itu dokter spesialis penyakit dalam geriatri di Jakarta Pusat hadir untuk membantu proses penyembuhan.

No comments