Sejarah Liga Inggris Dari Masa Kemasa

Share:
Nonton Liga Inggris

Nonton liga inggris merupakan hal sangat disukai hampir semua orang di dunia. Tak ayal liga Inggris merupakan salah satu liga sepakbola paling populer di dunia. Kompetisi Liga Inggris juga menjadi liga tertua di sepakbola dibanding liga negara lain, karena sudah dimulai sejak tahun 1888. Saat ini kompetisi kasta utama di Inggris adalah Premier League, format liga baru yang dimulai sejak tahun 1992. Sebelumnya kompetisi teratas di Inggris bernama Football League First Division atau Divisi Utama.

Di akhir musim 1991-92, sebuah proposal diajukan untuk membuat sebuah liga baru yang akan mendatangkan keuntungan uang lebih. Pada 17 Juli 1991, The Founder Members Agremenet disetujui untuk membentuk liga baru bernama FA Premier League. Premier League mendapatkan keuntungan finansial besar dari hak siar nonton Liga Inggris TV Sky Sports dan sponsor lain. Hasilnya klub-klub Premier League juga akan lebih kaya dan siap bersaing dengan klub Eropa lain.

Premier League pun menjadi kompetisi kasta utama di sistem Liga Inggris. Sementara Football League yang terdiri dari 4 divisi (First Division, Second Division, Third Division, Fourth Division) berada di bawah kasta Premier League. Sistem promosi-degradasi tetap diterapkan di tiap divisi. Musim 1992-93 menjadi musim pertama Premier League yang diikuti oleh 22 klub, dimana Manchester United keluar sebagai juara.

Dalam daftar juara Liga Inggris sepanjang masa, Manchester United juga menjadi klub paling banyak juara. Hingga kini, lebih dari 40 klub berpartisipasi di Premier League. Hanya 6 klub saja yang pernah menjadi juara di era Premier League, yakni Manchester United, Arsenal, Blackburn Rovers, Chelsea, Manchester City dan Leicester City. Di era 2000an, juga terdapat istilah Big Four yang terdiri dari 4 klub yang selalu mendominasi posisi 4 besar klasemen Liga Inggris.

Kini, Liga Inggris atau Premier League berkembang menjadi liga terpopuler di dunia dan menjadi liga paling banyak ditonton di dunia. Dengan hak siar dan keuntungan yang sanagt besar, klub klub Inggris pun banyak mendominasi daftar klub terkaya di dunia. Liverpool tetap jadi klub tersukses di era Football League, sedangkan Manchester United menjadi klub tersukses di era Premier League dan dalam sejarah Liga Inggris.

Laga seru Liga Inggris bisa kamu saksikan secara langsung di televisi kebanggaan Indonesia TVRI. Kamu juga bisa menyaksikan live streaming Liga Inggris via Mola TV. TVRI hanya menyiarkan sejumlah laga pilihan, sedangkan Mola TV jauh lebih banyak menyiarkan langsung pertandingan Liga Inggris.

Untuk dapat menyaksikan seluruh pertandingan Liga Inggris musim 2019/2020 maka harus berlangganan Mola TV sebesar Rp149.000 per bulan. Mola TV akan menggratiskan pada bulan pertama. Meski berbayar, Mola TV juga menggratiskan untuk empat laga per pekan. 
Memang liga inggris adalah liga yang paling banyak digemari di Indonesia. Liga EPL ini malah sering di sebut-sebut sebagai salah satu liga paling menarik di dunia.

Salah satu alasan liga inggis menjadi liga paling popular di dunia adalah pertandingan yang ditayangkan di saat jam-jam utama. Liga Inggris berhasil ditayangkan dalam waktu tonton yang paling sesuai di sebagian besar negara di dunia. Sejauh ini, hanya negara-negara di wilayah Pasifik yang tidak mendapatkan keuntungan tersebut. Waktu kickoff Liga Inggris di seluruh dunia sangat bervariasi, mulai dari pukul 11.00 hingga 23.00, tergantung zona waktu setiap negara. Liga Inggris pun kini kabarnya tengah mempertimbangkan untuk menayangkan 22 pertandingan di pagi hari demi meningkatkan nilai pasar Asia yang begitu besar. Hal ini akan dilakukan untuk musim 2019-2020.

Pemindahan waktu ini dilakukan untuk membuat nyaman para penggemar Liga Inggris di seluruh dunia. Sebab, pertandingan di kompetisi ini sebagian besar ditayangkan pada akhir pekan. Jika tayang di malam hari, terutama pada Minggu, jam istirahat masyarakat dikhawatirkan akan terganggu karena mereka akan bekerja keesokan harinya. Apabila hal ini benar-benar dilakukan, pertandingan Liga Inggris diyakini akan disaksikan lebih banyak orang.

No comments